Pengertian Strategi bisnis samudera biru (Blue Ocean Strategy)

Strategi samudera biru, atau dalam bahasa Inggris, Blue Ocean Strategy, adalah strategi yang menjadikan perusahaan untuk keluar dari samudra merah atau biasa disebut red Ocean merupakan bisnis yang banyak persaingan dengan cara membuat inovasi baru atau menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, dengan demikian kompetisi yang sengit akan tidak ada karena kita menjadi pioner. Strategi samudra biru berfokus pada meningkatkan permintaan dan menghindari dari kompetensi dengan membuat suatu nilai dan keunikan yang berbeda, Strategi bisnis samudera biru merupakan pangsa pasar menguntungkan.blue-ocean-strategy-onderscheiden-of-concurreren

inovasi nilai merupakan cara untuk melaksanakan Strategi bisnis samudera biru yang mengarah untuk penciptaan pasar baru. Penciptaan samudra biru adalah soal menekan biaya untuk meningkatkan nilai bagi pembeli. Karena nilai pembeli berasal dari manfaat dan harga yang akan ditawarkan perusahaan untuk konsumen, dan karena nilai bagi perusahaan yang dihasilkan dari harga dan struktur biaya, maka inovasi nilai tercapai hanya ketika keseluruhan system kegiatan bermanfaat, harga, dan biaya perusahaan akan terpadu dengan tepat. Inovasi nilai pada Strategi bisnis samudera biru adalah soal strategi yang mencakup seluruh sistem kegiatan yang dilakukan perusahaan. Inovasi nilai membentuk perusahaan untuk mengarahkan seluruh sistem pada tujuan mencapai peningkatan nilai bagi konsumen dan perusahaan itu sendiri.

5 faktor Inti Strategi bisnis samudera biru( Blue Ocean Strategy):

 

1. Keluar dari persaingan Red Ocean yang banyak pesaing dan memulai menyelami pada Strategi bisnis samudera biru yang memberikan hasil yang menguntungkan.
2. Menciptakan Market Space yang baru.
3.Peningkatan nilai tambah luar biasa pada pelanggan.
4. Meningkatkan Keuntungan pelanggan yang utama, meminimalisir harga jual, biaya, dan bagaimana mengadaptasikan inovasi barupada keadaan internal maupun extern.
5. Mempelajari situasi terbaru dalam pasar yang sudah dikenal konsumen.
Hal ini memungkinkan kita untuk memahami di mana kompetisi saat ini sedang terjadi, memahami faktor-faktor apa yang sedang dijadikan ajang kompetisi dalam produk, jasa, dan pengiriman, serta mempelajari apa yang didapat pelanggan dari penawaran kompetitif  yang ada di pasar.

Menurut Cham Kim Skema ini memberikan manfaat  kepada perusahaan:

  1. Mendorong perusahaan untuk mengejar perbedaan dan low cost secara bersamaan untuk meningkatkan pertukaran nilai-biaya.
  2. Menyerang perusahaan lain yang hanya berfokus pada upaya menciptakan dan meningkatkan, pada akhirnya meningkatkan struktur biaya mereka sendiri, dan menyerang perusahaan lain yang sering memodifikasi produk  secara berlebihan.
  3. Skema ini dengan mudah dipelajari dan dipahami oleh semua manajer di level apa pun, sehingga membuat tingkat keterlibatan yang luas dalam pengaplikasianya.
  4. Karena penuntasan upaya dalam skema ini adalah tugas yang sangat menantang, skema ini menuntut perusahaan untuk bersemangat dalam menganalisis setiap faktor industri yang menjadi ajang kompetisi, sehingga ia menemukan berbagai asumsi  yang mereka buat secara tak sadar dalam berkompetisi

Contoh penerapan Strategi bisnis samudera biru adalah :

ipod-vs-walkman-fight-2

kemenangan produk iPod dari Apple yang mnguasai seluruh pasar musik digital. Produk iPod ini sangat inovatif, dan berbeda dengan produk yang ada sebelumnya, seperti CD music player  atau  walkman yang dikuasai oleh Sony. Digital musik adalah fitur kunci yang berbeda yang diciptakan oleh  iPod, dengan memberikan kemudahan penggunaannya iPod langsung menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang harus mengakui kelebihan ipod dan menerima kekalahan dalam persaingan ini.

Contoh lain Strategi bisnis samudera biru  adalah kisah mendiang alm mbah Surip dengan lagu Tak Gendong-nya. Ketika blantika musik tanah air didominasi oleh musik pop yang mendayu-dayu melayu, beliau hadir memberikan produk dengan gaya dan rasa yang secara  berbeda dengan yang ada selama ini ada di pasaran :  lagu reggae yang amat jenaka dalam balutan gaya gimbal .maxresdefault

dengan penambaahan  tagline yang amat menarik : I love you full. tak lama menjadi  ikon baru, menciptakan pasar baru, dan dalam blantika musik tanah air dengan konsep Strategi bisnis samudera biru ini ia dengan mudah menaklukkan pasar

 

Strategi bisnis samudera biru yamaha melaui skutik Mio,

mio

Yamaha membuat motor dengan fitur yang berbeda  dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ia juga segera menembak segmen pasar baru (new market segment) yakni para konsumen perempuan (female bikers). Dengan pendekatan Strategi bisnis samudera biru ini, Yamaha berenang dalam arena pasar baru, yang tidak ada pemain lain didalamnya. Dengan mudah Yamaha memimpin pasar baru itu, Keberhasilan ini memang fenomenal, sebab melalui motor matic Mio, Yamaha kemudian pelan-pelan membuat dirinya sejajar yang sudah puluhan tahun dipegang Honda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s